Analisis Persepsi Penggunaan Artificial Intellegence Dosen: Studi Kasus pada Dosen Universitas Nurul Hasanah Kutacane
Kata Kunci:
Artificial Intellegence, Persepsi Terhadap AI, Dampak Penggunaan AIAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi dosen Universitas Nurul Hasanah Kutacane terhadap penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam pendidikan, proses pembelajaran, dan aktivitas akademik lainnya. Pendekatan yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan responden seluruh dosen dari berbagai jurusan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 80% dosen mengetahui tentang AI, 85% merasakan manfaat signifikan penggunaannya, dan 86% menilai AI membantu meningkatkan efisiensi kerja, seperti menyusun materi kuliah, artikel ilmiah, dan pencarian referensi. Namun, 40% responden menyatakan kekhawatiran bahwa AI dapat menggantikan peran dosen. Selain itu, 40% menyatakan perlunya pelatihan penggunaan AI, dan 60% merasa perlu adanya regulasi agar tidak melanggar etika akademik. Seluruh responden menyatakan bahwa institusi mendukung penggunaan AI secara benar dalam aktivitas pembelajaran. Komentar dan saran responden dirangkum menjadi tiga poin utama: (1) AI boleh digunakan dalam pembelajaran asalkan diarahkan dengan benar, (2) penggunaan AI tidak boleh melanggar hukum atau aturan institusi, dan (3) AI dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Temuan ini menunjukkan bahwa AI telah diterima secara luas dan berdampak positif bagi dosen. Namun demikian, diperlukan kebijakan yang jelas dan ketat agar pemanfaatan AI tetap berada dalam koridor etika dan hukum, serta dapat dioptimalkan tanpa menimbulkan dampak negatif di masa depan.
Unduhan
Referensi
Educause. (2023). 2023 Horizon Report: Teaching and Learning Edition. https://www.educause.edu
Holmes, W., Bialik, M., & Fadel, C. (2023). Artificial intelligence in education: Risks and opportunities. Center for Curriculum Redesign.
Kasneci, E., Sessler, K., & Bannert, M. (2023). ChatGPT and education: Opportunities and challenges of generative language models for teaching and learning. Learning and Instruction, 85, 101750. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2023.101750
Luckin, R., Holmes, W., Griffiths, M., & Forcier, L. B. (2022). Artificial intelligence in education: Promises and implications for teaching and learning. Pearson.
Marlin, K., Tantrisna, E., Mardikawati, B., Anggraini, R., & Susilawati, E. (2023). Manfaat dan tantangan penggunaan Artificial Intelligences (AI) Chat GPT terhadap proses pendidikan etika dan kompetensi mahasiswa di perguruan tinggi. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(6), 5192–5201.
Nurhayati, N., Suliyem, M., Hanafi, I., & Susanto, T. T. D. (2024). Integrasi AI dalam collaborative learning untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Academy of Education Journal, 15(1), 1063–1071.
OECD. (2022). AI in education: Opportunities, challenges and policy implications. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/7aaf3fcb-en
Priadana, M. S., & Sunarsi, D. (2021). Metode penelitian kuantitatif. Pascal Books.
Putri, V. A., Sotyawardani, K. C. A., & Rafael, R. A. (2023, October). Peran Artificial Intelligence dalam proses pembelajaran mahasiswa di Universitas Negeri Surabaya. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS), 2, 615–630.
Puspitasari, D., Nugroho, R. A., & Andriani, T. (2023). Kesiapan dosen dalam pemanfaatan AI untuk pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 25(1), 45–59.
Selwyn, N., & Jandrić, P. (2022). Postdigital living in the age of AI. Postdigital Science and Education, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.1007/s42438-021-00255-9
Tang, C., McKay, E., & Wu, A. (2022). Dilemmas in integrating AI in higher education. International Journal of Educational Technology, 39(2), 101–112.
Wahyudinarti, E., Rachmatika, P. A., & Ain, R. N. (2025). Meningkatkan efektivitas pembelajaran mahasiswa dengan AI. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 9(1), 488–491.
Wajdi, H. F., Seplyana, D., Juliastuti, M. P., Rumahlewang, E., Fatchiatuzahro, M. P. I., Halisa, N. N., & Pt, S. (2024). Metode penelitian kuantitatif. Penerbit Widina.
Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis penelitian kuantitatif. Perspektif: Jurnal Ilmu Administrasi, 3(2), 96–102.
Zawacki-Richter, O., Marín, V. I., Bond, M., & Gouverneur, F. (2023). Systematic review of research on artificial intelligence applications in higher education. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 20, Article 25. https://doi.org/10.1186/s41239-023-00398-y
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Khairuddin Nasution (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini dilisensikan di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0), yang memungkinkan penggunaan, distribusi, dan reproduksi dalam media apa pun, asalkan karya asli dikutip dengan benar. Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak publikasi non-eksklusif kepada jurnal.