Pengaruh, Kualitas Pelayanan, Sistem Keamanan dan Kepuasan terhadap Kepercayaan Nasabah Bank Syariah Indonesia: Studi pada Mahasiswa Nurul Hasanah Kutacane
Kata Kunci:
Kualitas Pelayanan, Sistem Keamanan, Kepuasaan dan KepercayaanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sistem Keamanan Dan Kepuasaan Terhadap Kepercayaan Nasabah Bank Syariah Indonesia. Penelitian ini menggunakan data primer. Adapun yang menjadi objek penelitian ini adalah Mahasiswa Universitas Nurul Hasanah Kutacane. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. jumlah sampel yang digunakan adalah 100 responden yang dipilih mengunakan metode Proportionate Stratified Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas pelayanan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan pada Bank Syariah Indonesia. Sistem keamanan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan pada Bank Syariah Indonesia. Kepuasan mempunyai pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepercayaan pada Bank Syariah Indonesia.
Unduhan
Referensi
A. Wahid, N. (2013). Panduan penulisan skripsi. Banda Aceh: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, UIN Ar-Raniry.
Bell, C. R., & Bell, B. R. (2004). Magnetic service: 7 rahasia menciptakan pelanggan setia. Bandung: Kaifa PT Mizan Pustaka.
Bungin, M. B. (2005). Metodologi penelitian kuantitatif komunikasi, ekonomi, dan kebijakan publik serta ilmu-ilmu sosial lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Diza, F., Moniharapon, S., & Ogi, I. W. J. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan kepercayaan terhadap kepuasan konsumen (Studi pada PT. Fifgroup Cabang Manado). Jurnal EMBA, 4(1), 109–119.
Ellena, F. (2011). Analisis pengaruh kepercayaan, komitmen, komunikasi dan penanganan keluhan terhadap loyalitas nasabah (Studi pada nasabah PT. BRI (Persero) Tbk. Cabang Pemalang) [Skripsi, Universitas Diponegoro].
Ferrinadewi, E. (2008). Merek & psikologi konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariat dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Guspul, A. (2014). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap kepuasan nasabah (Studi kasus pada nasabah Kospin Jasa Cabang Wonosobo). Jurnal PPKM UNSIQ I, 40–54.
Hadiwidjaja, R. D., & Triani, L. F. (2009). Pengaruh profitabilitas terhadap dividend payout ratio pada perusahaan manufaktur di Indonesia. Jurnal Organisasi dan Manajemen, 5(2), 49–54.
Ikhwan, A. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada Bank BNI Syariah Cabang Palembang [Skripsi, Universitas Islam Negeri].
Kasmir. (2000). Manajemen perbankan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kasmir. (2004). Pemasaran bank. Jakarta: Kencana.
Kasmir. (2006). Etika customer service. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Khatimah, H. (2011). Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah studi pada nasabah BRI Cabang Semarang Pattimura [Skripsi, Universitas Diponegoro].
Koestanto, T. H., & Yuniati, T. (2014). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Bank Jatim Cabang Klampis Surabaya. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, 3(10), 1–18.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). New Jersey: Prentice Hall.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing management. New Jersey: Prentice Hall.
Kurniawan, J. F. (2014). Analisis kepuasan nasabah tentang layanan PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk. Kantor Cabang Kotabumi Lampung Utara [Skripsi, Universitas Lampung].
Othman, A., & Owen, L. (2001). The multidimensionality of CARTER model to measure customer service quality in Islamic banking industry: A study in Kuwait Finance House. International Journal of Islamic Services, 3(1), 1–12.
Pardanawati, S. L. (2014). Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah PT. BPR Syariah Dana Mulia Surakarta [Tesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta].
Priadana, M. S., & Lubis, S. (2009). Metodologi penelitian ekonomi dan bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Rafidah. (2014). Kualitas pelayanan Islami pada perbankan syariah. Nalar Fiqih, 10(2), 113–126.
Rajab, B. (2008). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada Bank DKI Syariah [Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah].
Rembani, A. C. (2014). Pengaruh nilai perusahaan, kinerja perusahaan, dan kesempatan bertumbuh perusahaan terhadap return saham (Studi empiris pada perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia) [Skripsi, Universitas Pasundan].
Rofiq, A. (2007). Pengaruh dimensi kepercayaan (trust) terhadap partisipasi pelanggan e-commerce (Studi pada pelanggan e-commerce di Indonesia) [Tesis, Universitas Brawijaya].
Ropinov, S. (2010). Analisis pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan (Studi pada PT. Nusantara Sakti Demak) [Skripsi, Universitas Diponegoro].
Setiawan, M. B., & Ukudi. (2007). Pengaruh kulitas layanan, kepercayaan dan komitmen terhadap loyalitas nasabah (Studi pada PD. BPR Pasar Kendal). Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 14(2), 215–227.
Setyawan, B. D. (2013). Pengaruh kualitas produk dan kepercayaan terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan sebagai variabel intervening [Skripsi, Universitas Negeri Semarang].
Suryani, S., & Koranti, K. (2022). Kualitas pelayanan, kepercayaan dan keamanan serta pengaruhnya terhadap kepuasan pelanggan melalui sikap pengguna e-commerce. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 27(2), 183–198.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran jasa: Prinsip, penerapan, dan penelitian. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2005). Service, quality & satisfaction. Yogyakarta: Andi.
Wahyudi, A. R. (2013). Analisis kualitas pelayanan dengan pendekatan modified SERVQUAL di Bank Muamalat Cabang Tulungagung [Skripsi, UIN Sunan Kalijaga].
Yusrina. (2013). Peranan citra perusahaan terhadap kepercayaan nasabah Bank BRI Cabang Banda Aceh. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 1(2), 203–213.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Wasni Maisarah (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini dilisensikan di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0), yang memungkinkan penggunaan, distribusi, dan reproduksi dalam media apa pun, asalkan karya asli dikutip dengan benar. Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak publikasi non-eksklusif kepada jurnal.